Lafaz Bacaan Tasbih dan Keutamaannya

Kalimat  atau bacaan tasbih disebut pula sebagai kalimat thayyibah yang merupakan salah satu bacaan dalam berdzikir sehingga sering pula dinamakan kalimat dzikir. Kalimat tasbih utamanya kita baca usai melaksanaka sholat, baik sholat wajib maupun sunah.

Secara harfiah bacaan tasbih mengandung makna ‘menyucikan’ yang tentunya untuk Allah. Karena itulah saat berdzikir dengan bacaan tasbih sesungguhnya merupakan bentuk pengakuan kita yang kerap berbuat dosa sementara hanya Allah lah dzat yang maha suci.

Keutamaan Bacaan Tasbih


Karena itulah kalimat thayyibah kita dengungkan sebagai upaya untuk membersihkan segala dosa-dosa kita. Sebab sudah seharusnya apapaun yang keluar dari mulut kita adalah hal-hal yag baik dan suci untuk kebaikan kita sendiri dan memberikan pahala dan kebaikan untuk kita.

bacaan tasbih


Selain itu banyak keutamaan bacaan tasbih, seperti disampaikan dalam hadits di bawah ini.

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

“Barang siapa menyucikan Allah (bertasbih) 33x setelah selesai sholat, memuji Allah (bertahmid) 33x, dan mengagungkan kebesaran Allah (bertakbir) 33x, yang mana hal itu menjadi 99 bilangan, lalu menyempurnakannya menjadi 100 dengan bacaan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir, maka diampuni kesalahannya meskipun menyerupai buih di lautan.” (HR. Muslim no. 597).

Baca juga: Bacaan Istighfar

Dalam hadits yang lain juga disebutkan keutamaan bacaan tasbih:

وعن ابي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (من قال : سبحان الله و بحمده مائة مرة حطت عنه خطاياه و ان كانت مثل زبد البحر) متفق عليه

Dari Abu Hurairoh r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda; Barangsiapa membaca ‘Subhanallah wa bihamdih’ seratus kali, maka dilebur dosanya meskipun menyerupai buih laut. (Muttafaqun ‘Alaih).

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri disebutkan:

عن ابي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (الباقيات الصالحات . لااله الاالله . و سبحان الله . و الله اكبر . و الحمد لله . ولاحول ولاقوة الا بالله) اخرجه النسائ , وصححه ابن حبان و الحاكم

Dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda (Beberapa amalan shalih yang tetap pahalanya, yaitu Laa_ilaaha_illallaah , Subhanallaah , Allaahu_akbar , Alhamdulillaah , Laa haula walaa quwwata illaa billaah). (HR. An-Nasa’i, dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Bacaan tasbih juga dikenal sebagai kalimat thayyibah yang ringan namun besar sekali keutamaannya seperti disampaikan hadits yang diriwayatkan oleh Syaikhoni (Imam Bukhari & Imam Muslim) menyebutkan hal berikut:

واخرج الشيخان عن ابي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كلمتان حبيبتان الى الرحمن , خفيفتان على اللسان , ثقيلتان في الميزان : سبحان الله وبحمده , سبحان الله العظيم

Diriwayatkan oleh Syaikhoni, dari Abu Hurairoh Radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda (Dua kalimat yang dicintai oleh Dzat yang Maha Welas Asih, ringan diucapkan oleh lisan dan berat dalam timbangan (Mizan), yaitu: Subhanallahi Wa_bihamdih , Subhanallaahil_’adziim).

Lafaz Bacaan Tasbih


Sedangkan untuk lafaz bacaan tasbih, tahmid dan takbir adalah sebagai berikut:



Itulah lafaz bacaan tasbih dan keutamaannya yang semoga bermanfaat untuk anda agar selalu mngucapkannya terutama setelah menjalankan ibadah sholat.

Lafaz Bacaan Tasbih dan Keutamaannya